-->

Aplikasi Androidku

Informasi Tentang Smartphone, Software dan Aplikasi Android

Cara Merekam Jalur Perjalanan Menggunakan A-GPS Tracker di HP Android

Cara Merekam Jalur Perjalanan Menggunakan A-GPS Tracker di HP Android. Bagi yang suka jalan - jalan atau yang memang pekerjaan anda berkaitan denga jarak tempuh tentunya anda butuh data jarak yang anda tempuh atas pekerjaan anda, atau hanya sekedar sebagai koleksi memori bahwa anda pernah menpu jalur perjalanan tersebut menggunakan HP Android dengan aplikasi A-GPS Tracker. Aplikasi A-GPS Tracker ini sangat bermanfaat sekali karena benar - benar mampu merekam jalur perjalanan yang kita lalui, atau biasa disebut track recording yaitu merekem jejak / jalur perjalanan dengan menggunakan HP android lebih simpelnya bahwa A-GPS Tracker adalah aplikasi untuk merekam jalur perjalanan menggunakan HP android.

Kelebihan dari aplikasi android A-GPS Tracker ini adalah bahwa jalur yang kita rekam bisa kita tampilkan menggunakan aplikasi pemetaan atau software GIS karena kita bisa menyimpat file hasil track recording tersebut ke beberapa jenis format seperti GPX, KML, CSV dan TCX. Selain bisa untuk merekan jalur perjalan aplikasi ini juga bisa menelusuri atau navigasi rute perjalanan, dengan memanfaat file gpx yang ada yang kita uploada ke aplikasi A-GPS Tracker. Oh ya beberapa aplikasi yang bisa membuka hasil rekaman jejak atau jalur perjalanan adalah sebagai berikut.
Untuk file GPX bisa dibuka menggunakan software Mapsource, DNR garmin dan beberapa software atau aplikasi yang mendukung format gpx.
Sedangkan untuk file dengan format KML ini bisa dibuka di aplikasi atau software Google Earth.
Kalau untuk format CSV ini bisa dibuka di Microsoft Excel dan biasanya format angka bukan line atau polyline.

Kalau sudah tahu apa manfaat dari Aplikasi A-GPS Tracker selanjutnya akan saya jelaskan Panduan Cara Merekam Jalur Perjalanan Menggunakan A-GPS Tracker di HP Android.

Pertama install dulu apalikasi A-GPS Tracker melalu Playstore secara gratis dan hanya berukuran kecil kurang dari 5 mb.

Setelah terpasang aplikasi dan mulai mau melakukan perekaman jalur perjalanan silahkan aktifkan GPS HP android anda kemudian silahkan buka aplikasi A-GPS Tracker, kini anda sudah siap untuk beraksi untuk memulai merekan jalur perjalanan dan silahkan tekan icon atau simbol REC di pojok kiri bawah ( silahkan lihat pada gambar dibawah ini ).

Kemudian pilih START dan silahkan anda berjalan baik jalan kaki, naik sepeda maupu naik kendaraaan bermotor seprti mobil sepeda motor dan lainya.

Setelah perjalan anda selesai dan dirasa cukup pengambilan data jalur perjalanan silahkan klik SAVE untuk menyimpan hasil rekaman jalur perjalanan anda sesuai format yang diinginkan, dalam contoh ini saya menyimpan dalam format gpx.

Sekarang anda sudah memiliki file dengan format GPX hasil dari perjalanan anda, silahkan buka diaplikasi atau software yang mendukung format gpx menggunakan mapsource.

Oh ya sobat selain dapat merekam jalur perjalanan, aplikasi A-GPS Tracker juga bisa dimasukan data jalur atau track dari sumber lain dengan format gpx. Maksudnya begina seandainya teman - teman punya file format gpx misal dari gps lain bisa di upload ke aplikasi A-GPS Tracker sehingga teman - teman bisa menelusuri rute atau navigasi mengikuti jalur yang ada di file tersebut. Berikut cara memasukan file gpx ke dalam aplikasi A-GPS Tracker :
Silahkan tekan menu diatas dengan icon yang bertuliskan gpx, kemudian pilih LOAD GPX FILE - FROM YOUR FOLDER, silahkan cari file gpx yang akan diupload.




Sekarang lihat hasilnya kelihatan bahwa ada jalur track didalam peta GPS Tracker.

Saya rasa cukup jelas penjelasan tentang bagaimana Cara Merekam Jalur Perjalanan Menggunakan A-GPS Tracker di HP Android, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat bagi sobat yang membutuhkannya. Untuk selanjutnya saya akan berikan tutorial cara membuka file gpx di mapsource dan eksport file gpx ke software pemetaan atau ke software GIS seperti Mapinfo, Arcgis maupun Autocad.

Baca juga:

0 comments



Emoticon